Rakit Gundam Plastic (Gunpla) Real Grade (RG) Z’Gok Char 1/144 Bandai (WIP Ep 1)

Minggu pagi! Mulai Feb 2018 ini admin R inetizer membahas tentang merakit Gunpla. Tapi, apa itu Gunpla?

Gunpla atau Gundam Plastic adalah model kit atau model miniatur dari sebuah karakter/bangunan/kendaraan/mecha yang harus dirakit terlebih dahulu. Karena ini adalah miniatur maka ada skala perbandingan dengan ukuran aslinya. Kali ini yang admin R bahas adalah skala RG atau Real Grade dengan ukuran 1/144. Artinya, 1/144 atau 0,00694 dari ukuran aslinya. Misal panjang 10 meter di ukuran asli maka di model kit jadi 69,4 mm. Nah, untuk ukuran 1/144 dari seri Gunpla ini ada dua kelas, yaitu HG dan RG. RG ini kelebihannya adalah detail, artikulasi yang lebih mantap sehingga lebih asyik dipose saat mau difoto nanti.

Untuk WIP kali ini, admin R memilih unit Z’Gok Char. Harga pasaran dari model kit ini kisaran 250K sd 350K. Z’Gok Char ini adalah unit robot yang dalam ceritanya adalah unit yang beroperasi di darat dan di air. Warnanya merah, dikarenakan pilot unit, Char Aznable, menyukai warna merah dan admin juga menyukai warna merah 😅. Gunpla kali ini menggunakan keluaran Bandai, perusahaan mainan dari Jepang. Oke, kita mulai saja ya, pembahasannya.

Pertama, untuk kualitas plastik Bandai yang tidak keras dan juga tidak terlalu lembek. Sehingga hingga saat ini, Admin R belum menemui kendala saat memotong. Untuk memotong dari runnernya, admin menggunakan tang potong Plato, murah, dengan harga di bawah 35K. Ada banyak tang potong di pasaran, ada merk santus, xuron, 9sea yang murah dan ada merk Tamiya dan Godhand yang lebih mahal. Tentunya dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tampak di atas, runner adalah bagian besar plastik yang biasanya ditandai dengan huruf.

Lalu bagaimana kita tahu bagian mana dipasang kemana dan seperti apa? Ada buku panduannya seperti tampak pada gambar. Untuk bahasa memang masih sebagian besar menggunakan bahasa Jepang, namun dengan instruksi yang dilengkapi gambar jadi lebih mudah.

Untuk merakit kaki RG Z’Gok ini, tampak mudah dan simpel. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Saat memasang telapak kaki, di part E1/E2 nomor 4, pastikan terpasang hingga mentok ke dalam. Admin kesulitan saat memasang lawan partnya (E1/E2 nomor 3) karena tidak memperhatikan hal tersebut 😂
  2. Pastikan mengecek artikulasi part B4 dengan mencoba menekuk (pelan-pelan) sesuai panduan di buku manual.
  3. Jangan kelupaan memasang part kecil A20, stiker no 7 di part B4, dan part penutup A36.
  4. Potong bersih part D1/D2 nomor 3, karena ada undergate, ditunjukkan dengan simbol segitiga warna merah.

Pastikan mengecek artikulasi partnya, agar tidak kaku dan menyesal di kemudian hari 😂.

Seharusnya kakinya bisa ditekuk seperti pada gambar di atas.

Ada kipas/kincir/baling-baling di bagian bawah kakinya, fungsinya seperti baling-baling kapal karena unit ini juga beroperasi di air.

Setelah satu kaki selesai, cek apakah kaki dapat berdiri tegak. Jika tidak, biasanya ada kesalahan.

Untuk RG, perakit biasanya tidak kuat dengan part-partnya yang kecil dan yang tidak jeli biasanya melewatkan part kecil tersebut. 😂😂😂. Banyak yang bilang juga bahwa RG ini ringkih alias mudah lepas, mudah rontok.. tapi percaya admin R deh, selama mengikuti panduan, hasilnya akan keren dan kokoh.

Demikian Ep 1, WIP RG Z’Gok. See you later di Ep 2, WIP RG Z’Gok (Bagian Badan dan Pinggang).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *