Pengertian OmniChannel

Omnichannel itu bila diibaratkan ketika konsumen berbelanja di berbagai platform, tingkat kepuasannya harus sama. Baik dari sisi diskon, pengalaman, pembayaran, hingga pengiriman. perjalanan menuju omnichannel itu berawal dari multichannel.

Masih banyak yang salah mengartikan omnichannel dengan multichannel, multichannel berarti berarti bisnis/ brand memiliki banyak channel untuk berjualan dan mengelola stok, seperti website, marketplace, toko offline sampai media sosial seperti instagram dan whatsapp.

Namun harus diingat, omnichannel dan multichannel sangatlah berbeda, yang membedakan antara pengalaman omnichannel dengan multichannel terletak di integrasi.

Omnichannel itu mengintegrasikan semua channel yang dimiliki brand kedalam satu platform/ aplikasi yang akan memudahkan kedua belah pihak, baik pihak brand ataupun pelanggan. Pelanggan akan dengan mudah melihat stok, cek diskon dan lainnya seperti saat mereka pergi ke toko offline, dan brand pun akan merasa mudah karena semua stok dan produk terintegrasi pada satu platform saja.

Semua pengalaman omnichannel akan menggunakan multiple channel, tapi tidak semua multichannel tergolong omnichannel. Jika kamu memiliki strategi pemasaran mobile yang baik, terlibat kampanye media sosial, dan situs web yang dirancang dengan baik. Namun tidak dapat bekerja sama satu sama lainnya, itu bukan omnichannel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *