Istilah CPC, CPM

Setiap hari iklan di media internet semakin tabah dan menambah banyak, entah jenis atau sifatnya dan sebagai pemilik iklan atau seponsor hendaknya kita juga mengetahui berbagai hal tenang iklan yang kita gunakan, entah itu di blogger (seperti yang gue pake), wordpres ataupun yang lainnya.
Memahami pengertian iklan ini dimaksudkan untuk mempermudah bagi calon publisher khususnya blogger memilih model iklan apa yang cocok dipasang pada blog atau websitenya masing-masing. banyak istilah-istilah dalam periklanan, dan saya akan menjelaskan beberapa istilah-istilah sebagai berikt :

PPC (pay per clik)
PPC atau lengkapnya pay per click, ppc ini sebuah program bisnis online yang bekerja di bidang jasa periklanan yang tentunya menghubungkan antara pembisnis atau yag sering disebut dengan (advertiser) dan pembeli melalui kerja sama antara situs program ppc dengan penerbit (publisher) yang menerbitkan iklan yang di miliki oleh ppc tersebut. pay per klik yang berarti kita sebagai publisher akan di bayar oleh penyedia ppc atau kita sebagai advertiser menerima bayaran ketika iklan yang kita promosikan di klik oleh pengunjung situs kita.
CPM (cost per miles)
CPM adalah singkatan dari bayar tiap mil (1.000). pengiklan yang menjalankan iklan yang berbasis cpm akan menetapkan harga yang diinginkan per 1.000 kali iklan yang ditayangkan dalam situsnya dan cpm akan membayar setiap kali iklan mereka muncul tentunya dengan ballace per1.000 kali tayang.

CPL (Cost per Lead)
CPL merupakan penghitungan pembayaran periklanan dari jumlah pengunjung yang melakukan pendaftaran (Sign-Up / Regestrasi). Pendaftaran biasanya hanya berupa mereka yang telah mencantumkan Nama, Email, Alamat, kontak, dsb.

CPA (cost per action)
CPA singkatan dari cost per action, lebih jelasnya penyedia iklan akan membayar kalia jika pengunjung melakukan action sesuai yang mereka (situs asal) harapkan. contohnya: anda akan dibayar jika pengunjung melakukan polling, survey, dsb.

style=”font-family: Century Schoolbook L;”>CPC (cost per click)
CPC singkatan dari cost per click, seperti namanya kalian akan dibayar jika pengunjung situs anda mengklik iklan kalian, tersedia juga dalam bahasa indonesia disebut bpk ( biaya per klik ) jumlah yang akan kalian peroleh dari setiap kali pengguna mengeklik iklan anda. bpk untuk iklan setiap cost ditentukan oleh pengiklan, beberapa pengiklan mungkin bersedia membayar lebih per kliknya daripada yang lain, tergantung pada apa yang mereka iklankan.
CPS (cost per sale)
CPS adalah singkatan dari cost per sale, yaitu kalian akan dibayar dari setiap keuntungan yang didapatkan dari penjualan terhadap pengunjung yang berasal kalian dapatkan dari iklan kalian. misalnya mereka berbagi 30% dari keuntungan penjualan.

CTR (Click Through Rate)
CTR adalah perbandingan dalam bentuk persentase unuk menghitung antara jumlah klik dan jumlah unit iklan adsense yang bersangkutan tampil, jika iklan tampil sebanyak 1000 kali, kemudian iklan tersebut mendapatkan klik sejumlah 10 kali maka nilai CTR nya dapat kita hitung sebagai berikut (10/1000 x 100%)=1%, jadi jika dalam 1000 kali tampil, iklan mendapatkan klik pengunjung sebanyak 10 kali, berarti nilai CTR untuk iklan tersebut adalah 1%.
Nilai CTR secara tidak langsung dapat menginformasikan, prilaku normal klik terhadap satu unit iklan, dan CTR menjadi referensi google maupun publisher untuk memantau prilaku klik normal pada unit iklan yang bersangkutan, nilai normal untuk CTR adalah 0% sampai dengan 5%, atau bisa juga lebih dari itu tergantung dari jumlah klik terhadap iklan tersebut, namun jikal nilai CTR lebih dari 100% berarti itu sudah terindikasi adanya tindakan tidak normal, kasus tersebut bisa terjadi karena adanya bom klik, klik terus menerus pada iklan yang sama lebih dari 1 kali, kita harus terus memantau dan mewaspadai jika dalam akun google adsense kita mendapatkan informasi nilai CTR dengan nilai besar atau lebih dari 100%, jika terindikasi adanya tindakan kecurangan atau bomklik maka resikonya adalah akun adsense kita dibanned, nilai CTR diatas 100% bisa terjadi jika jumlah klik melebihi jumlah iklan tersebut tampil.

Pop-Up & Pop-Under
Pop-up & Pop-Under adalah periklanan yang pada dasarnya memiliki hasil akhir yang sama tapi memiliki aksi yang berbeda. Secara umum artinya adalah sebuah iklan yang akan tampil ketika pengunjung datang. Secara detail Pop-Up diartikan iklan yang muncul tiba-tiba ketika visitor datang tanpa melakukan apapun, berbeda dengan Pup-Under Iklan hanya akan muncul jika pengguna melakukan klik pada halaman blog, baik itu klik url ataupun hanya sekedar klik halaman kosong.
Iklan jenis Pop ini sangat disukai para publisher selain dari PPC, karena penghasilan bisa mendapatkan lebih, namun harus diingat jangan terlalu berlebihan menggunakan iklan ini karena bisa berakibat buruk pada pengujunjung blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *