Content Manajement System Joomla

Pengertian secara garis besar dan gamblang, Joomla! terdiri dari 3 elemen dasar, yaitu web server, script PHP dan database MySQL. Server web diharuskan terhubung dengan Internet atau Intranet yang berfungsi sebagai penyedia layanan situs. Skrip PHP terdiri dari barisan kode program dalam bahasa PHP dan database mysql merupakan tempat penyimpanan konten. Joomla menggunakan produk Apache sebagai server web dan MySQL untuk basisdatanya.

Pertamanya, pengguna meminta akses terhadap halaman cms Joomla dengan mengeksekusi URL pada browser web yang kemudian akan terhubung dengan server web. Permintaan ini yang dalam istilah teknis lebih dikenal dengan query string selain terdapat URL domain juga mengandung parameter konten (section, category, ID article dan lain-lain). Berdasarkan parameter dari URLĀ  tersebut, sistem skrip Joomla melakukan kontak dengan database dan mengambil konten yang dimaksud berdasarkan parameternya. Terakhir, konten dan template digabung bersama dan kembali sebagai halaman html, gambar, css dan javascript.

Paket CMS Joomla! terdiri dari beberapa bagian yang terpisah dan terkelompokkan dalam modul-modul yang sangat fleksibel, dapat dengan sangat mudah dikembangkan dan diintegrasikan. Sebagai contoh “plugins” WikiBot yang memperbolehkan admin atau penulis di Joomla menggunakan “Wikitags” pada bagian artikel/konten yang fungsinya secara otomatis membuat pranala dinamis ke artikel Wikipedia pada saat ditampilkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *